kapal-nelayan_20160524_204141Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bantul berencana memasang papan runing textdienam Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang tersebar di Pantai Selatan. Di antaranya yakni di TPI Mancingan Pantai Parangtritis, TPI Pantai Depok, TPI Pantai Samas, TPI Pantai Gua Cemara, TPI Pantai Kuwaru, dan TPI Pantai Pandansimo.

Menurut Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Tangkap DKP Kabupaten Bantul, Yus Warseno beberapa waktu lalu, pemasangan papan runing text di sejumlah TPI di Bantul nantinya berfungsi sebagai papan informasi. Terutama informasi cuaca yang diupdate dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sehingga para nelayan

dan panjual ikan di sekitar Pantai Selatan cepat memperoleh informasi perihal kondisi cuaca di Pantai Selatan. Pemasangan papan runing text ini, lanjut Warseno, sangat bermanfaat bagi masyarakat di pesisir Pantai Selatan. Oleh karenanya pihaknya akan mengusulkan pemasangan papan tersebut. Harapkan di tahun 2017, sejumlah TPI yang ada di Bantul telah terpasang papan running text atau papan monitor teks berjalan.

“Kalau jadi dipasang papan running text, mudah-mudahan papan berisi informasi cuaca itu dapat memperlancar operasional paranelayan, dan menjadi acuan bagi nelayan untuk melaut atau tidak,” jelasnya.

Papan running text ini menurut Warseno sebetulnya manfaatnya tak hanya dirasakan para nelayan dan penjual ikan di Pantai Selatan saja, melainkan juga para wisatawan yang sedang berkunjung di sana. Bila sewaktu-waktu cuaca ekstrem atau gelombang tinggi datang, para wisatawan dapat dengan cepat memperoleh informasi dari papan running text tersebut. Dengan begitu, menurut Warseno sebenarnya sangat banyak manfaat dengan pemasangan papan running text. Oleh karenanya pihaknya akan mengusahakan betul, agar rencana ini dapat terealisasi tahun depan.

“Apalagi sekarang inikan pemerintah ingin menjadikan TPI sebagai tempat wisata dan edukasi,” imbuhnya. Warseno mengakui jika TPI di Pantai Selatan sampai saat ini belum berjalan optimal, termasuk belum maksimalnya fasilitas yang terdapat di sana. Oleh karenanya, fasilitas penunjang seperti papan running text di TPI dinilai perlu, sehingga diharapkan dapat memperlancar aktivitas para nelayan dan penjual ikan di sana.

“Kan kalau dengan adanya papan running text, tidak hanya prediksi cuaca saja yang bisa diketahui, tapi juga kecepatan arah angin. Makanya dengan adanya papan running text, sebenarnya yang diuntungkan justru para nelayan,” pungkasnya.(tribunjogja.com)


Sumber: http://jogja.tribunnews.com/2016/08/16/dkp-bantul-berencana-pasang-running-text-di-tpi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *